Langsung ke konten utama

Membedakan section "Material", "Method", "Experimental setup", dan "Experimental condition"



Section setelah Introduction di paper biasanya adalah "Material dan Method" section. Walaupun ada juga Journal yang menghendaki langsung untuk mengisi result section, seperti jurnal Nature. Namun, hampir sebagian besar journal menghendaki adalah Material dan Method section.

Apa yang perlu kita ketahui dari section ini? yang utama adalah kita harus bisa membedakan keduanya. Sekilas keduanya tampak mudah dibedakan. Tapi seringkali kita sulit meletakan mana yang termasuk method dan mana yang termasuk materials. 

Untuk memudahkan penulisan, struktur "material dan method" baiknya dipecah sbb:
(1). Method: proposed solution and comparison with conventional method (as shown in literature review of introduction secion)
(2). Experimental setup: alat dan material apa saja yang diperlukan
(3). Experimental condition (how): apa saja yang mau dianalisa dan bagaimana cara anlisanya. bagaimana kondisi alatnya atau seberapa banyak materialnya.  

Nomor (1) Method sebaiknya dibuat dalam satu section sendiri. Kenapa? karena 1 section hanya punya satu fungsi. Sedangkan nomor (2) dan (3) bisa digabung menjadi satu section.  

Di bagian struktur method, tidak hanya mencantumkan proposed method/solution dari studi kita tapi juga bagaimana bedanya dengan method yang ditunjukkan pada literature review di introduction section. 

Di bagian struktur experimental setup, kita berbicara tentang peralatan dan material apa saja yang diperlukan untuk melakukan experiment. 

Sedangkan di bagian struktur experimental condition, kita berbicara mengenai parameter apa saja yang mau dianalisa dan bagaimana cara analisanya. Di bagian ini kita lengkapi informasi tentang "kondisi" peralatan dan banyaknya material yang akan digunakan untuk menganalisa suatu parameter dalam eksperimen. 

sebagai contoh sederhana:
Ibarat orang yang sedang memasak
Method itu cara masak makanan A yang efektif dan lezat
Exp setup itu alat masak apa saja yg digunakan dan bahan apa saja
Exp cond itu seberapa banyak masing2 bahan akan dipakai dan bagaimana settingan alat masaknya (pakai api kecil, sedang atau besar. Dioven berapa lama dan berapa watt. dll)

nah, untuk lebih jelasnya akan kami sampaikan juga melalui channel youtube kami. 





Komentar

Follow us on Instagram